May 11, 2012

'dia'

Aku bingung.
Aku nggak ngerti.
Gak jelas.

11 Mei 2012, malem pas aku lagi nonton Indonesian Idol, sambil on twitter, sekedar ngetweet.
Waktu ngetik twitter.com loading bentar, trus langsung muncul timeline.
Banyak tweetsnya anak disana.
Tapi ada satu tweet yang gak tau kenapa tiba-tiba ketangkep mataku gitu aja.
Tak baca sekilas.
Ada nama itu.
Orang itu.
Yang dulu pernah tak sukai.
Bahkan mungkin tak sayang, mungkin loh ya.

Aku kenal orang yang ngetweet itu. Emang, dia temennya 'itu'
Dia mention ke temen sekelasnya, kayak semacam nggojloki gitu deh.
Dan gak tau kenapa seketika aku ngerasa perlu baca ulang tweet itu tadi.
Ya akhirnya tak scroll kebawah lagi, tak cari tweet yang tadi, tak baca lagi.
Dan bener. Kayaknya emang ada anak yang suka sama 'dia'
Dan anak itu temen sekelasnya temenku tadi.
Apa ya?

Aku gak tau aku kenapa.
Tapi pas baca tweet itu tadi, "Iyo engkuk tak salamno nang arek e, salam rindu," rasanya agak panas.
Ya emang sih anak itu tadi tetep nyangkal kalo dia gak suka sama 'dia'
Tapi keliatan kok, mention dari temen2nya pada nggojloki dia, kayaknya emang ada hubungannya sama 'dia'
Rasanya gak rela kalo 'dia' disukai anak lain.
Rasanya agak panas.
Rasanya cemburu.
Rasanya aneh.
'dia' yo bukan sapa-sapaku.

Lagi.
Aku baca tweet temenku itu. Ngemention ke temen sekelasnya itu tadi. Nggojloki lagi.
Mentionnya gak cuma 1, 2, ada lumayan banyak, yah gak banyak apa-apa sih, beberapa tapi cukup ngebuat aku ngerti. Ada anak kelas 10-..... yang juga suka sama 'dia'
Kok tiba-tiba TL bikin panas ya.
Kok cemburu ya.
Kok rasanya balik lagi ya.
Kok aneh ya.

'dia'
Cuma keren.
Cuma kagum.
Cuma speechless.
Gak lebih.
Tak sangkal pikiran-pikiran aneh yang sempet tak pikirin sesaat.
Sesaat aja.
Kalo aku suka 'dia' lagi.
Lagi.

Dulu pernah.
Bahkan mungkin hampir bikin aku nangis.
Udah gak kuat, akhirnya aku rasa 'dia' perlu tau.
Dan 'dia' akhirnya tau dengan sendirinya.
Bukan orang lain yang bilang. Tapi aku juga gak menyatakan.
Ya pokoknya 'dia' tau.
Waktu itu, sempet bikin air mataku tumpah.
Sempet aku pengen nangis.
'dia' sayang sama sahabatku sendiri.
Sayang banget kata 'dia'
Rasanya mencelos banget waktu tau kenyataan itu. Kenyataan yang paling tak takuti. Dan akhirnya hal yang takuti itu benar. 'dia' bener-bener sayang sama sahabatku.
Tapi 'dia' ngehargai aku.
Gak menunjukkan kalo 'dia' lagi berdua atau ngapain lah sama sahabatku, karena kenyataannya sahabatku juga punya rasa yang sama ke 'dia'
Banyak yang nenangin aku.
Move on ran. Sabar ya. Yang kuat. Gak usah dianggep.
Waktu itu sahabatku gak tau kalo aku suka 'dia' dan 'dia' udah tau hal itu.
Tapi sekarang sahabatku udah tau kok. Udah tau banget malah.

Lalu, singkat, 'dia' putus sama sahabatku.
Aku lihat sendiri, badannya gemeter, matanya merah, 'dia' bener-bener nahan nangis.
Akhirnya aku lihat sendiri 'dia' beneran nangis.
'dia' cowok lho. Tapi mungkin karena 'dia' bener-bener sayang sama sahabatku dan gak ingin putus
Aku lihat 'dia' nangis di kelasnya. Gak keliatan sih, dia rada' nunduk.
Tapi aku juga ada disitu waktu itu, di kelasnya. Jadi aku tau banget 'dia' lagi nahan nangis, atau bahkan mungkin udah nangis.
Saat itu juga aku langsung tau kalo 'dia' baru aja putus.
Pengeeeeeen banget rasanya bisa nenangin 'dia'
Tapi apa yo aku bisa? Apa yang mesti tak lakuin aku ae nggak ngerti.
Aku ngempet pengen nangis juga. Cengeng yo.
Gak ngurus, aku gak munafik aku emang gak tau kenapa pengen ikutan nangis juga.
Mungkin terlalu melankolis, tapi itu yang tak rasain.
Aku nahan biar gak nangis, walaupun mataku sudah mbraba', berbeling-beling.
Dan sahabatku sendiri udah nangis hebat dari tadi.

Aku bingung waktu itu mesti ke sahabatku, apa ke 'dia'
Akhirnya 'dia' mutusin dirinya udah gak papa dan 'dia' akhirnya pulang.
Sumpah liat tas ranselnya yang makin lama makin jauh aku rasanya tambah mencelos, kok ikutan deg gimana ya, sakit juga mungkin.
Tapi ya udah lah, akhirnya aku ke sahabatku, nenangin dia lah.

1 bulan setelahnya, sahabatku udah jadian sama anak lain, dan dia pun udah tau kalo aku 'pernah' suka sama 'dia'
Sahabatku sampe nangis, gak nyangka kalo selama ini aku nyimpen rasa dan secara gak sengaja dia bilang dia udah nyakitin aku.
Gak lah, gak sepenuhnya salah dia, karena emang aku gak ngasih tau dia dan ngerahasiain semua dari dia.
Seharusnya aku dong yang salah.

Oke selesai.
Rasaku buat 'dia' masih ada. Gak berkurang.
Sudah lumayan sering smsan sama 'dia' waktu itu.
Tapi yang dibahas biasa aja kok, gak ada yang spesial.

'dia' berubah
Lambat laun, semester dua, banyak yang menyadari 'dia' emang berubah. Termasuk sahabatku itu bilang kalo 'dia' sekarang berubah.
Jadi rada' egois, sering marah, aneh, dan hal-hal yang bikin mood rusak lainnya.
Dan secara gak sengaja, karena suatu kegiatan, 'dia' udah lebih dari 3 kali ngerusak moodku karena keegoisannya dan 'dia' suka marah-marah.
Sejak saat itu rasaku ke 'dia' berkurang.
Ilfeel, berkurang, dan hilang.
Bener-bener hilang.

Sekarang?
Aku gak tau.
Gak jelas.
Gak ngerti.
Setelah kejadian tweets tadi kok rasanya aku cemburu sama temennya temenku itu.
Tapi masa' aku suka 'dia' lagi?
Karena apa?
Gak jelas kan?
Mboh kah --

No comments: