March 08, 2012

*Cerpen- IZA ATAU DIMAS?


     “Uh…uh…uh…kak tunggu!!” teriak seorang bocah laki-laki yang mengenakan seragam putih merah.

            “Lama banget sih? Telat nih!! Kamu sih enak sekolah deket, sekolahku di ujung pandang sana!!” balas seseorang yang mengenakan seragam putih biru dan sudah siap diatas motornya.

            ”Wiss!! Lebay kak!! SD-ku sama SMP kakak  kan cuma beda 2 kilo? Gak jauh-jauh amat kak!!” ujar si kecil tak mau kalah.

            ”2 kilo cuma?? Aduh bawel cepetan naik!! Telat nih!!” perintah kakak si kecil yang sudah menekuk mukanya dari tadi.

*****
            “Wan, kok kamu ngos-ngosan gitu sih? Habis main bola sama Irfan Bachdim emangnya?” tanya seorang gadis yang tiba-tiba muncul di hadapan Iwan.
            ”Main bola sama Irfan Bachdim? Ngim to the pii!! Alias ngimpii!! Aku lari dari parkiran depan. Takut telat masuk, Satria tuh lama banget. Uh!!” balas Iwan jutek.

            “Haha, gak usah sampai segitunya kali Wan? Kamu lupa ya? Hari ini kita masuk jam delapan!!” jawab Ify sambil tertawa kecil.

            ”Gila Fy!! Aku lupa!! Tau gitu ngapain deh tadi buru-buru sampai ngebut, Valentino Rossi aja kalah!!” balas Iwan.

            ”Ah kebiasaan kamu Wan!! Lebay!! Eh si Iza gak sekolah hari ini?” tanya Ify dengan muka seriusnya.

            ”Enggak. Iza masih di rumah sakit.” jawab Iwan mulai lesu.

            ”Sabar ya Wan. Iza pasti sembuh kok!!”
*****
            Terdengar beberapa hiruk pikuk suara menggema di telinga Iwan. Ada yang sedang menyanyi, memukul-mukul bangku, mencibrit sendiri, dan berbagai macam ekspresi lain yang nampak dapat dilihat dan di dengar dalam kelas VIII-B. Namun Iwan hanya bersandar diri pada bangku yang ia duduki. Ia tak tahu apa yang tengah terjadi di sekitarnya. Bahkan mungkin jika ada gempa tiba-tiba di sekolahnya ia pun tak tahu. Yang ia pikirkan saat ini adalah kesembuhan adiknya. Iza sedang terbaring lemah di rumah sakit. Iwan hanya bisa berdo’a dan berusaha yang terbaik untuk adik tersayangnya itu.
            ”Iwan ikutan kita dong!! Have fun!! Jangan mikirin Iza terus. Iza pasti sembuh kok!! Smile dong Wan!!” hibur Arry yang tiba-tiba membuyarkan lamunan Iwan.
            “Thanks Ry. Aku kasihan sama Iza.  Dia masih kelas 5 SD. Tapi kenapa harus menderita penyakit seperti itu? Terkadang aku juga merasa bersalah tiap aku menyakiti Satria. Aku takut Ry, bila mungkin hal yang sama menimpa Satria.” jawab Iwan melemahkan kata-katanya.
            ”Hush!! Jangan negatif thinking dong Wan!! Kamu gak boleh ngomong gitu!! Bersyukur Satria masih bisa nemenin kamu, masih bisa buat kamu tersenyum Wan.” terang Arry, sambil menepuk bahu Iwan.

            “Iya Ry. Tolong kasih tau Dimas ya, Iza bakalan gak masuk sekolah lama deh. Tapi mudah-mudahan aja Iza cepet sembuh. Kemarin waktu aku jenguk Iza, dia bilang ke aku, suruh tanya ke Dimas katanya ada tugas apa di sekolah. Yah si Iza lagi sakit malah mikirin tugas.” terang Iwan yang sepertinya mulai bisa tertawa kecil.

            ”Haha. Iza...Iza...ada-ada aja ya. Iya deh nanti aku bilang ke Dimas.” jawab Arry penuh semangat sambil mengacungkan kedua jempolnya.

*****

            Iwan seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang sedang duduk di bangku kelas 2 SMP. Di usianya yang masih dibilang muda, ia harus menanggung beban yang bisa dibilang cukup berat. Menjaga kedua adik kandungnya, Iza dan Satria. Namun sayangnya, Iza yang masih berada dalam tingkat SD harus menderita penyakit yang tak seharusnya ia derita. Sedangkan Satria, bocah kelas 1 SD yang belum mengerti apa pun. Bahkan saat ditanya mengenai penyakit kakaknya, Satria menjawab kalau Iza sakit cacar. Ya wajar saja. Usia Satria yang masih dini belum cukup untuk mengetahui semuanya.

            Ketiga kakak adik tersebut memiliki kedua orang tua yang masih lengkap. Hanya saja, kedua orang tua mereka jarang berada di rumah. Ya, Iwan lah yang harus mengurus segalanya. Mulai dari urusan Iza, Satria, sampai pekerjaan rumah. Semua hal tersebut dianggap sudah biasa oleh Iwan. Tetapi ada satu hal yang benar-benar membebani pikiran Iwan. Kebenaran antara Iza? Atau Dimas?
*****
            Sore hari. Ya semua orang tahu sekarang adalah sore hari. Tapi banyak makna tersirat dalam kata ”SORE HARI”. Mulai dari pedagang bakso, main sepak bola, motor matic, dan lain-lain. Mungkin semua orang bertanya-tanya dengan makna SORE HARI? Hanya Iwan dan Dimas yang bisa menjawabnya.
            ”Kak Iwan, aku kalah main bola sama kakak. Aku tepatin janji deh, aku traktir bakso di depan, mau?” tawar Dimas dengan nada yang keberatan.
            ”Kok kamu nawarin kayak gak ikhlas gitu ya Dim? Haha. Okelah kalau gitu. Lumayan, buat ngisi perut. Nyanyi lagu nge-rock nih perut dari tadi.” celoteh Iwan sambil mengikat tali sepatunya.
            ”Wiss!! Lebay kak!! Perut nyanyi lagu rock? Bilang aja laper kak!!” ujar Dimas mengece.
            ”Haha. Tau aja kamu Dim. Ya sudah kamu kesana dulu nanti aku susul. Pesen bakso kayak biasanya ya? Kamu kan tau porsi-ku? Selalu sama kayak porsi kamu Dim!!” balas Iwan sambil menstarter motor matic-nya.
            ”Iya deh kak. Ala bakso kita kan sama kak. Motor kesukaan kita juga sama, motor matic!! Haha. Dan gaya main sepak bola kita selalu sama. Mimpi apa sih aku bisa sama mulu kayak kak Iwan?” celetuk Dimas dengan gaya tangan siku-sikunya bersandar di pinggangnya.
            ”Mimpi orang yang cakepnya kayak aku kali kamu Dim!! Haha!!” teriak Iwan yang langsung ngibrit dengan motor matic-nya.
*****
            Jari-jemarinya mulai bergerak-gerak pelan. Mata sayunya yang tertutup rapat mulai terlihat sedikit menyipit. Nafasnya yang tak teratur mulai terdengar kembali. Terdengar suara lirih sangat lembut yang mungkin hanya bisa di dengar oleh orang yang berjarak 5 centi meter darinya. IZA baru saja SADAR!!
            ”Ma...ma...pa...pa...kak...arr...ry...”
            Suara yang sangat lirih tersebut kemudian terdengar semakin jelas. Arry yang sedang duduk terpaku di samping Iza terbelalak kegirangan melihat Iza yang mulai terlihat sadar.
            ”IZA!! Kamu sadar? Alhamdulillah kamu sadar Za??” spontan Arry menjerit dan menghadapkan wajahnya tepat ke arah Iza.
            ”Kak arr...ry? Mama papa Satria sama kak Iwan mana kak...” ucap Iza yang masih melemah.
            ”Mama papa kamu masih belum pulang Za. Satria ada di rumah, tadi dia pengen kesini, tapi aku sama Iwan gak kasih izin, dia masih kecil. Kalau Iwan, aku yang suruh dia refreshing bentar tadi sama Dimas. Kasihan Iwan Za, dia butuh refreshing. Lagi main bola kayaknya sama Dimas.” jelas Arry dengan senyumnya yang ikhlas.
            Butiran-butiran air mulai terlihat berjalan dari mata Iza yang masih menyipit. Terus berjalan sampai melewati pipi, kemudian jatuh ke leher Iza. Ia memejamkan matanya sejenak untuk mengeluarkan semua sisa air mata yang masih membekas. Setelah merasa cukup puas, ia pun kembali berkata-kata.
            ”Makasih kak Arry sudah temenin Iza disini. Iza cuma bisa bikin repot semua orang kak. Bikin repot kakak, kak Iwan, mama sama papa, bahkan Dimas dan Satria pun juga kak.” terang Iza menahan air matanya yang ingin tumpah.
            ”Iza gak perlu pikirin itu. Yang penting Iza harus sembuh!! Jangan nangis dong!! Ntar aku panggil Izzonkk cemen nih. Hahahaha. Iza harus sembuh. Five Boys Band sepi gak ada Iza.” ucap Arry mencoba menghibur  Iza.

            “Iya kak. Iza janji pasti sembuh!!” jawab Iza penuh semangat.

*****

            Satu minggu, dua minggu, tiga minggu, satu bulan. Kebenaran antara Iza atau Dimas masih saja belum terungkap. Semakin hari, Iwan tampaknya sangat dekat sekali dengan Dimas. Sebaliknya, Arry yang di kenal sebagai kakak Dimas lebih sering dekat dengan Iza. Entah kebenaran apa yang belum terungkap. Hingga suatu malam, seorang bocah kecil bermimpi suatu hal yang tak sewajarnya.

            ”Kak Iwan, kak Dimas itu sekelas sama kak Iza kan kak?” tanya Satria sambil memutar-mutar stick drum-nya.

            ”Iya dek. Kenapa?” jawab Iwan yang sedang sibuk dengan gitarnya.
            ”Kemarin aku mimpiin kak Dimas kak. Kak Dimas yang jadi kakak aku, bukan kak Iza.”
            Iwan yang tiba-tiba mendengar cerita singkat Satria tiba-tiba menelan ludahnya dengan sangat terpaksa. Ia tercengang akan apa yang baru saja adiknya katakan. Iwan sesegera menatap Satria dengan tatapan tajam. Seakan baru saja ada badai yang menghantamnya. Tetapi kembali ia tersadar, itu hanyalah MIMPI seorang bocah SD kelas 1. Apa yang perlu di khawatirkan? Pikirannya pun sedikit lebih tenang dari sebelumnya.
            ”Ah itu kan cuma mimpi dek. Mau kamu mimpiin Justin Bieber adalah kakakmu juga gak papa kok. Kan cuma mimpi. Gak ada yang terlalu heboh deh.” respon Iwan sok cuek dan kembali mengutek-utek gitarnya.
            ”Oh gitu ya kak. Kok aku ngerasa aneh aja sama mimpiku.” lanjut Satria.
            ”Jrengggg!!!”            Iwan mencoba memecah suasana yang mulai terasa tegang.
            ”Ih kak!! Apa’an sih?? Lebay deh!! Ngagetin aja!!” ujar Satria kesal.
            ”Sorry sorry dek. Ngetes bunyi gitar nih. Udah manteb atau belum. Hehe.” jawab Iwan mencoba menghindar dari adiknya.
*****
            Malam yang sangat terasa dingin. Apalagi bagi Iwan dan Satria. Mereka yang hanya tinggal BERDUA di rumah se-megah itu. Tapi malam yang sangat dingin tak menjadi halangan untuk mereka menyambut kedatangan Iza. Yap! Iza akan pulang malam ini.
            Iwan dan Satria sudah sangat siap dengan alat musik mereka masing-masing. Iwan siap dengan gitarnya, sedangkan Satria siap dengan panci, wajan, sendok, garpu, dan alat-alat lain yang bisa digunakan untuk memukul dan dipukul.
            ”Selamat datang kakak-ku!! Adik-ku!! Yang tercinta!! Kami sangat merindukan dirimu!! Wahai Arnandi Ihza Mulyadi!! Ooooo...oo...ooo... selamat datang di rumah kita!! Disini Iwan dan Satria siap menghibur anda!!”
Iza yang baru saja turun dari mobil diantar oleh sopir, kemudian menginjakkan kaki di teras rumah, sudah mendapat senandung lagu yang memang terdengar sangat rusak dan berantakan. Ya. Maklum lah. Profesi Iwan dan Satria bukanlah seorang vokalis. Jadi wajar saja jika banyak terdengar bunyi berantakan dan fals pada senandung yang mereka buat untuk menyambut kedatangan Iza. Tak mengapa bagi Iza. Ia membalasnya dengan senyuman yang bisa membuat seluruh FBL terkagum-kagum.
”Senandung yang sangat indah kak Iwan, dek Satria J terima kasih J.” ucap Iza dengan sangat ikhlas dan penuh rasa haru dalam hatinya.
”Hehe, kalau suaranya berantakan gak papa Za jujur aja. Maklum kita alih profesi jadi vokalis dadakan nih.” celetuk Iwan disambut tawa kecil dari Iza dan Satria.
”Haha kak Iwan...kak Iwan...tau aja sebenernya Iza mau bilang kayak gitu. Hehehehe.” oceh Iza penuh gurau.
Iwan dan Satria merasakan hal yang sama dengan Iza. Rasa haru yang terdalam dari hati mereka masing-masing.
”Walaupun mama dan papa gak ada di rumah malam ini. Tadi mama papa sempet telpon kakak, mereka kangen banget sama Iza. Mereka pengen ketemu Iza. Mama dan papa sayang sama Iza. Kata mama, semoga kita bertiga tetap selalu solid.” terang Iwan sambil merangkul kedua adiknya yang membuat suasana menjadi haru biru.
Air mata Iwan yang sudah tak terbendung lagi kemudian menetes tak terasa melewati pipinya. Iwan yang segera tersadar akan hal tersebut bergegas menghapusnya. Iwan menatap mata Iza. Iwan juga merasakan apa yang sedang Iza rasakan. Iza masih bisa menahan air matanya yang sedari tadi ingin tumpah. Sebelum hal tersebut terjadi, Iwan sesegera memecah suasana.
”Pak Jek. Apa’an sih ngeliatin kita mulu dari tadi? Atau jangan-jangan pengen kue tart yang kita bikin khusus buat Iza ya pak? Wah jangan pak!! Nanti Pak Jek dapat jatah bagiannya kok. Sabar ya pak. Hehehe.” celoteh Iwan kepada sopirnya.
”Iya nih Pak Jek dari tadi berdiri mulu? Nunggu kue tart-nya dipotong ya? Sabar ya pak, sebentar lagi kok. Hehehehe.” ujar Iza membela kakaknya.
”Ah Iwan tau aja Pak Jek nungguin kue tart-nya tuh. Hahahaha.” Pak Jek pun sepertinya tahu maksud Iwan memecah suasana agar tidak menjadi haru biru.
”Oke kak!! Ayo serbuuuuuuuu!!!” teriak Satria penuh semangat.
*****
            Semenjak kepulangan Iza kembali ke rumah membuat suasana tampak lebih asik bagi Iwan. Meski ia tahu, sampai kapan ia bisa menikmati kenikmatan bersama kedua adiknya. Iza juga merasakan hal yang sama dengan Iwan. Namun, masih saja satu hal yang membebani pikiran Iwan. Iza? Atau Dimas?
            Semakin hari, semakin dekat rasanya antara Iwan dengan Dimas. Seperti ada kontak batin antara mereka. Begitu pula dengan Arry dan Iza. Setiap Iwan tidak bisa menemani Iza di rumah, Arry yang selalu sigap datang ke rumah Iza dan bersiap menghibur Iza.
            Semuanya terlewati begitu saja. Tanpa ada yang menyadari satu sama lain jika ada hal yang sedikit aneh dan mengganjal sepertinya. Namun tiada yang mempedulikan itu. Kepulangan Iza kembali ke rumah sudah bisa mengobati beban Iwan selama ini. Tetapi suatu rahasia besar tersimpan di rumah Graha Anggrek blok C/16 lebih tepatnya rumah Iwan dan adik-adiknya.
*****
            Kebahagiaan rasanya cepat sekali berlalu. Kembali beban yang harus Iwan rasakan. Setelah beberapa minggu kepulangan Iza di rumah, kini Iza harus kembali di rawat inap. Iwan hanya bisa menghela nafas panjang menyaksikan penderitaan adiknya. Sampai-sampai Iwan pernah berharap, ”Jika Tuhan mengizinkan, izinkanlah aku mengambil penyakit Iza. Biarkanlah aku yang menderita. Bukan Iza. Dia masih kecil. Tak sewajarnya dia harus menderita seperti ini. Andai aku bisa, aku ingin memindahkan semua penyakit Iza dalam diriku. Biarlah aku yang menanggung semuanya.” Iwan kembali mengingat kata-katanya waktu itu. Seakan dia benar-benar ingin mengambil penyakit adiknya.
            Iwan hanya bisa duduk termangu di ruang tunggu kamar Iza. Meratapi kesedihannya, kegalauannya, serta beban dalam dirinya maupun adiknya. Ia melangkahkan kakinya untuk keluar mencari udara segar. Namun yang membuat Iwan menyudahkan langkahnya untuk berhenti tepat pada sudut rumah sakit, ia mendengar sesuatu. Dialog. Ya, percakapan.
            ”...pa, apa sebaiknya kita katakan sebenarnya pada mereka?...”
            ”Jangan ma. Mereka masih kecil. Apalagi Iza yang sedang menderita penyakit seperti itu. Kasihan Iza ma. Satria pun juga tak sewajarnya mengetahui hal ini...”
            Iwan tercengang akan apa yang telah ia dengar. Ia membalikkan badannya dan segera mengetahui siapa yang tengah bercakap-cakap dibalik sudut ruangan tersebut.
            ”Papa? Mama? Apa maksudnya ini?” Iwan yang tak mengerti menyela pembicaraan kedua orang tuanya.
            ”Maafkan kami Wan. Kami terlalu lama menyimpan rahasia ini. Tapi kami juga tak ingin menyakiti kamu, Satria, terutama Iza.” jelas mama yang mulai resah.
            ”Mama tolong ceritakan semua ke Iwan!! Rahasia apa ma?” Iwan masih nampak tak mengerti.
            ”Iza...Iza...Iza...BUKAN ADIK KANDUNG KAMU WAN...Iza itu...”
            ”Apa? Maksud mama apa? Mama pasti bohong kan?”
            ”Mama katakan semua ini dengan sangat berat hati Wan...”
            ”Tapi kenapa ma? Kenapa bisa jadi begini? Lalu siapa adik kandung aku ma? Siapa? Aku cuma ingin Iza ma!! IZA!!”
            ”Maaf Wan. Kejadian 10 tahun yang lalu. Iza dan Dimas lahir di hari, tanggal, bulan, dan tahun yang sama. Mama dan papa punya hutang dengan keluarga Arry. Dan mereka meminta Dimas ditukar dengan Iza Wan!!! Dimas lah adik kandung kamu Wan!!”
            Perdebatan antara Iwan dan mama menjadi terasa sangat sukar. Suasana yang panas, di sertai emosi. Sehingga tak segan-segan Iwan atau mama melontarkan kata-kata yang cukup keras sampai ruangan Iza pun bisa menangkapnya. Iza yang mendengar perdebatan antara kakak dan ibunya seketika itu menjadi lemah. Ia tak sanggup membuka matanya. Ia hanya bisa memejamkan matanya dan berharap bahwa ini semua hanyalah MIMPI. Iza yang sedang terbaring lemah meratapi kesedihannya. Dengan pikiran dan berbagai macam kesimpulan yang ada dalam benaknya, ia pun dapat membuat beberapa kalimat, ”Itu artinya, AKU DITUKAR dengan DIMAS saat bayi karena hutang keluargaku. Dan itu artinya AKU BUKANLAH ANAK KANDUNG, KAKAK KANDUNG, serta ADIK KANDUNG dari mama, papa, Satria, dan kak Iwan. Benar firasatku selama ini AKU ADALAH ADIK KANDUNG KAK ARRY!! BUKAN KAK IWAN!!”
            Sesaat setelah berhasil membuat beberapa kalimat tersebut, Iza tak sadarkan diri. Kondisinya melemah. DROP seketika. Tiada yang mengetahui hal ini. Sementara itu, di luar Iwan dan mama masih saja berdebat.
            ”...Iwan mau besok Iza dan Dimas tes DNA!! Iwan gak percaya kalau Iza bukan adik kandung Iwan!! Iwan gak mau!!”
            Iwan mengumpulkan seluruh sisa tenaganya. Ia berlari sekencang-kencangnya. Melewati berderet-deret ruangan yang terjajar rapi di sepanjang koridor rumah sakit. Menuruni tangga dengan sangat cepat. Bahkan sesekali ia melompati dua anak tangga sekaligus. Setelah sampai diluar rumah sakit, Iwan tak tahu harus kemana. Ia hanya bisa berlari dan berlari dengan sisa tenaganya yang masih ada. Malam itu, hujan yang sangat deras disertai petir yang menyambar-nyambar.
*****
            ”Halo? Iwan?” terdengar suara seseorang di seberang sana.
            ”Ya? Kenapa?” jawab Iwan malas.
            ”Akhirnya kamu angkat teleponnya. Kamu dimana Wan? Cepat ke rumah sakit sekarang!!” jelas Arry nampak gelisah.
            ”Gak penting aku dimana sekarang. Ada apa di rumah sakit?” jawab Iwan cuek.
            ”Kamu lupa Wan? Iza sedang sakit Wan!! Dia butuh kamu sekarang!!” terang Arry yang nampak menekankan kalimatnya.
            ”Aku? Kenapa harus aku? Aku bukan kakak kandungnya Ry!! Tapi kamu!! Seharusnya kamu!! Bukan aku!!” jelas Iwan menahan air matanya.
            ”Iwan, kita butuh kamu sekarang. Iza butuh kamu. Semuanya butuh kamu Wan. Sudahlah masalah itu nanti saja. Yang jelas, kamu ke rumah sakit sekarang ya?” pinta Arry dengan sangat memohon.
            ”Aku harap ini penting. Kalau tidak, buang-buang waktuku saja.” jawab Iwan kembali cuek dan langsung memutus obrolannya dengan Arry.
*****
            Semuanya terlihat gelisah, sedih, resah, lesu. Semuanya hanya bisa duduk lemas di bangku ruang tunggu kamar Iza. Tak ada yang menyambut kedatangan Iwan. Semua mata tertunduk dan mulai meneteskan air mata masing-masing.
            ”Mana Iza Ry? Mana!!” tanya Iwan yang langsung menghampiri Arry.
            ”Iza ada di dalam Wan. Kita gak boleh masuk sama Iza. Sebelum kamu datang. Dan sekarang kamu sudah ada disini Wan. Tapi sebelumnya, aku ingin menyampaikan suatu hal sama kamu Wan. Hasil tes DNA itu...” Arry terdiam dan tidak melanjutkan kata-katanya.
            ”Aku tau Ry!! Aku tau!! Aku bukan kakak kandungnya Iza!! Tapi please!! Jangan ungkit-ungkit hal itu dulu. Sekarang aku ingin bertemu dengan Iza.” ujar Iwan.
            Satu persatu dari mereka masuk ke dalam ruangan Iza. Aroma yang tak wajar pun mulai tercium. Bau khas rumah sakit. Ya, seperti itulah. Iwan yang berjalan mengawali diikuti oleh Arry dan Dimas yang sedang menggandeng Satria.
            ”Hai Iza sayang? Apa kabar dek?” Iwan mencoba untuk tetap tegar walaupun ia sudah tak kuat menahannya.
            ”Hai kak Iwan...Iza ya seperti inilah kak...apa adanya...” balas Iza lemah.
            Iwan yang sangat tak kuasa menahan haru ia memeluk Iza dengan sangat erat. Tanpa terasa, air matanya mulai berjatuhan. Pelukan terakhir yang mungkin dapat Iwan rasakan.
            ”Sampai kapan pun IZA, AKU SELALU SAYANG SAMA KAMU!!” ucap Iwan yang tengah memeluk Iza.
            ”Aku juga sayang sama kak Iwaaaaan...” balas Iza sambil menangis.
            ”Iza sayang, jangan nangis dong. Iza harus kuat ya!! Iza pasti sembuh!!” jelas Iwan mencoba mensupport Iza.
            ”Penyakit Iza sudah sangat parah kak. Kalau saja ada obatnya Iza ingin sembuh kak. Tapi KANKER DARAH itu gak ada obatnya kak!!” ucap Iza meneteskan air matanya.
            ”Iza gak boleh gitu dong!! Yang smile =))” hibur Iwan.
            ”Iza udah tau semuanya kak. Iza tenang dengan kedaan seperti ini. Karena semuanya telah terungkap. Iza bahagia kok kak karena gak ada rahasia-rahasiaan lagi. Iza bisa pergi dengan tenang.” kembali Iza mulai berbicara ngelantur.
            “Hush! Iza gak boleh ngomong gitu!! Kita semua disini sayang Iza!! Iza harus sembuh!!” kembali Iwan mendekap adiknya tersebut.
            ”Buat kak Iwan, jangan sedih terus ya. Walaupun kak Iwan bukan kakak kandung Iza, tapi Iza sayang banget sama kak Iwan. Kakak sudah seperti kakak kandung Iza sendiri. Iza minta tolong kak, jaga Satria ya kak. Jangan pernah lupain Iza kak. Iza sayang kak Iwan SELAMANYA.” air mata Iza kembali bertetesan. Iwan hanya bisa memejamkan mata menahan tangis dan semakin menggenggam erat tangan Iza.
            ”Buat kak Arry yang ternyata kakak kandung Iza, maaf ya kak. Iza baru menyadarinya kemarin. Tapi iza sayang banget sama kak Arry. Maaf kak, Iza gak bisa jadi adiknya kakak. Iza harus pergi duluan.” lanjut Iza melemah. Arry hanya tersenyum manis menahan air matanya.
            ”Buat Satria jagoan kecilku, kenang kakak selalu ya dek. Smile always!! Hibur dan selalu temani kak Iwan ya dek, apapun yang terjadi. Aku sayang Satria. Sayaaaaaang banget!!” jelas Iza. Satria yang tak kuasa membendung air matanya hanya bisa menangis tersedu-sedu di pangkuan Dimas.
            ”Buat Dimas, ternyata kita ditukar Dim. Aku juga baru sadar kemarin kok. Ternyata kamu lah adik kandung serta kakak kandungnya kak Iwan sama Satria. Aku sayang sama Dimas. Maaf ya Dim, setelah ini kamu bakalan duduk sendirian di kelas gara-gara aku tinggal. Oiya, kalau ada tugas sekolah, kabari aku ya Dim. Jaga kak Iwan dan Satria baik-baik yah.” Iza tersenyum sangat ikhlas dan sangat manis. Mungkin inilah senyuman terakhir Iza yang paling anggun. Dimas hanya bisa terpaku menatap Iza.
            ”Buat semuanya, maafkan Iza ya. Aku sayang kalian semua. Aku sayang Five Boys Band. Sukses terus ya Five Boys Band walaupun tanpa aku. Kalau aku sudah pergi nanti, maaf banget ya, gak ada yang jadi vokalis lagi di band kita. Maaf banget. Jangan sedih terus dong, keep SMILE!! Jangan pernah lupakan Iza ya kak Iwan, kak Arry, dek Satria, dan Dimas. I LOVE YOU ALL.”
            Terakhir kalinya mereka mendengar suara Iza. Terakhir kalinya mereka melihat Iza membuka matanya. Terakhir kalinya mereka melihat senyum Iza. Dan terakhir kalinya mereka melihat butiran air mata Iza. Iza pergi dengan senyuman paling bahagia. Menuju ke keabadian di alam sana. Keempat anak laki-laki di sekitar Iza saling menundukkan kepala dan meneteskan butiran-butiran air mata.
            ”Sudah, Iza sudah pergi dengan tenang. Kita gak boleh sedih terus. Iza sudah tenang di surga.” jelas Iwan nampak tegar.
            ”Iya Wan. Tapi aku punya satu permintaan buat kamu dan Satria. Tolong ya, please Wan?” pinta Arry memelas.

            “Apapun itu Ry. Silahkan.” jawab Iwan.

            ”Aku tau, memang Dimas bukan adik kandungku. Tapi tetap izinkanlah Dimas tinggal bersamaku. Aku tak punya teman di rumah selain Dimas Wan. Kamu sudah ada Satria yang menemani. Aku tak ada siapa pun. Iza sudah...” kata-kata Arry semakin melemah.

            ”Aku tau rasanya jadi kamu Ry. Semuanya terserah Dimas. Kalau Dimas ingin tetap tinggal bersamamu, apa boleh buat? Yang penting Five Boys sekarang BERSATU!! Tidak ada yang namanya adik kandungnya inilah, kakak kandungnya inilah, itulah. TIDAK!! Kita semua SATU!! Kita berempat adalah SAUDARA!!” tegas Iwan dengan lantang.

            ”Kita berLIMA kak!! Iza tetap saudara kita sampai kapan pun.” jelas Dimas memperjelas kata-kata kakaknya.

            Semuanya saling berpelukan satu sama lain. Menyadari akan kesalahan satu sama lain dan berjanji tak akan terulang kembali kesalahan yang sempat terjadi. Biarlah IZA pergi ke alam kedamaian dengan tenang.
THE END


No comments: