July 14, 2012

plus-minus

tiap orang itu punya plus sama minus. gak mungkin kalo cuma punya salah satu dari itu. pasti punya dua-duanya. pinter-pinter dari kita aja mempergunakan plus sama minus itu tadi.
ada saatnya nilai plus dalam diri kita itu berguna. dan oleh karna itu, wajib hukumnya mensyukuri nilai-nilai plus yg udah Allah kasih ke kita.
kalo ada orang yg ngerasa dirinya adalah orang terbodoh lah, terjahat lah, terburuk lah, terbobrok lah, sedunia, itu salah besar.
Allah nyiptain kita itu dikasih minus, tapi juga pasti ada plusnya. plus-minus itu udah kayak pasangan mutlak. diibaratkan kalo orang pacaran yah gak akan pernah bisa putus sampek kapan pun. kalo ada plus, ya pasti ada minus. dan sebaliknya.

buat yg merasa dirinya banyak nilai plusnya, yo ojok sombong disek. inget bahwa kodratnya manusia itu emang gak pernah ada yang sempurna. se-alim-alimnya kyai, ustadz, sebaik-baiknya orang, secantik-cantiknya, seganteng-gantengnya, atau se-kaya-kayanya orang, pasti juga punya nilai minus dalam dirinya.
ga ada orang yang sempurna, westah lek iku wes gak isok dibantah maneh. perfect itu hanya milik Allah. jadi ojok sampek kita ngerasa gak punya kekurangan. gak baik, takabur, sombong.
tapi juga dengan adanya nilai minus itu jangan menjadikan kita jadi minder, merasa gak berarti, gak pd, atau merasa gak penting, selalu salah, gak dianggep, dan sebagainya. kalo pemikiran kita seperti itu terus kapan majunya dong?
kekurangan itu bukan untuk ditutupi, tapi untuk diperbaiki. kalo kita bisa memperbaiki kesalahan ya kenapa enggak? 

Allah itu adil kok, ngasih kita nilai plus sebagai kelebihan kita. tapi juga ngasih kita nilai minus sebagai kekurangan kita. itu juga tujuannya biar manusia itu bersyukur karna udah dikasih kelebihan pada diri masing-masing yang mungkin orang lain gak punya. dan juga manusia itu kudu inget, gak ada yang sempurna 100%. pasti masih ada cacatnya, sekecil apapun itu, manusia juga pasti punya kekurangan. pinter-pinter kitanya aja memperbaiki kekurangan itu.

intinya, semua itu punya plus sama minus. tergantung kita ngeliatnya dari sisi yang plus, atau malah yang minus.

No comments: