July 07, 2012

I am

Aku ngerasa terpojokkan. Rasanya pengen bilang ke semua orang kalo 'AKU ITU GAK KAYAK GITU DAN GAK SEJAHAT ITU'

Tapi ya useless juga sih, buat apa? Apa hal itu penting buat aku kasih tau ke orang-orang? Apa dengan cara seperti itu bisa berguna nanti kedepannya? Gak ada hubungannya kali.
Cuman aku ngerasa gini, kenapa sih harus menilai aku seperti itu? Kenapa sih kesannya harus aku yang terpojokkan? Kenapa sih kesannya aku jahat banget? Padahal, gak ada orang yang bener-bener tau aku secara detail. Gak ada yang bener-bener tau gimana aku waktu lagi ketawa atau lagi keluar sungutnya. Temen-temenku banyak yang tau aku. Sahabat juga banyak. Tapi sedeket-deketnya aku sama mereka, aku tetep masih punya sisi sendiri yang gak ada orang lain tau sekalipun itu sahabat terdekatku sendiri maupun keluargaku.

Aku cuma pengen nyampein, sebelum menilai orang lain, lihat luar dalemnya dulu. Oke mungkin kalian udah lihat dalemnya, cuma liat doang? Gak guna. Pelajari, baru dinilai baik-baik. Emang sih kurang kerjaan banget nilai orang lain sampek segitunya. Buat apa coba? Tapi kalo gak kayak gitu, kita gak akan pernah bisa nilai secara bijaksana. Kadang kita cuma liat luarnya dan langsung ambil kesimpulan. Kadang juga kita udah liat dalemnya tapi mungkin waktu itu mata kita masih burem, kabur, nggak jelas. Jadi daripada ambil pusing kita langsung bikin kesimpulan lagi tanpa memperhatikan bagian yang burem dan kabur tadi seperti apa. Karena pada saat itu mata kita belum bener-bener ngeliat secara jelas.

Well, mungkin ribet bahasanya, tapi aku yakin semuanya ngerti kok. Ribet banget ya kalo mau menilai orang lain secara bijaksana? Kalo udah tau ribet, kenapa masih aja dilakuin?
Balik lagi ke paragraf awal, kalo boleh membela diri, ya kenapa enggak? Aku emang gak 'seperti itu'. Tapi ya apa daya kalo emang udah di-label-kan 'seperti itu'? Nggak sama semua orang sih, tertentu aja. Tapi tetep aja sakit hati juga karna si tertentu itu tadi juga bilangnya ke semua orang. Jadi makin sakit lagi rasanya di-label-kan pada sesuatu yang itu sama sekali bukan aku.

Aku harap ini bisa jadi koreksi buat diri kita sendiri. Gausah repot-repot dan susah-susah serta ribet-ribet nilai orang lain. Ya kalo orang lain itu terima di-label-kan seperti itu? Kalo nggak? Dosa lho, bikin orang sakit hati.

No comments: