July 29, 2012

a reason

Everything happened for a reason.

aku lupa ngutip kata-kata itu dari novel mana. aku acungi jempol buat kalimat itu. setuju. banget.
mungkin itu cuma kalimat simple yang udah nggak asing lagi di telinga kita, yah, tapi apa kalian tau maksud dari kalimat itu?

sesuatu itu terjadi karena sebuah alasan.
alasan yang mungkin belum kita tau secara langsung, alasan yang tersirat, alasan yang kadang mungkin belum bisa kita terima dengan akal sehat, alasan yang mungkin nggak logis. tapi alasan itu tadi akan menunjukkan kebenarannya suatu saat nanti. percayalah.

sering banget kita nggak bisa terima kenyataan. sering banget kita ngerasa dunia nggak adil. but, kembali lagi ke awal, everything happened for a reason. sesuatu itu terjadi karena sebuah alasan. cobalah untuk memahami dan berpikir secara dewasa, kalo semua yang terjadi itu bukan nggak memiliki alasan. pasti ada alasan. pasti ada hikmah yang ngebikin kita jadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

jadi kalo banyak kata "kenapa" di otak kalian, coba kalian belajar dari pertanyaan kalian sendiri.
kenapa aku nggak naik kelas? itu juga punya alasan. alasan yang pada akhirnya mendorong kita, memotivasi kita, dan menjadikan kita supaya belajar lebih giat lagi, berdoa dengan sungguh-sungguh lagi dan menjadikan kita jauh lebih baik dari sebelumnya. jadi semacam kita punya pelajaran hidup tersendiri. selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa. bisa aja hikmahnya itu ngebikin kita nggak males belajar lagi, ngebikin kita buat lebih menghargai waktu agar tidak menyia-nyiakannya.

dan dari situlah kita belajar, memahami sebuah alasan.

No comments: