December 25, 2012

respect terhadap umat lain


ada yg bilang kalo hukum mengucapkan "selamat natal" bagi umat muslim itu gaboleh ya? dosa ya?
hukumnya masih simpang siur, masih kabur. ada ulama yg bilang haram, ada yg bilang mubah (boleh-boleh saja). trus yg bener yg mana?

saya gabisa komentar soal hal itu. saya juga gatau itu dosa apa gak karena yg tau cuma Allah. urusan dosa itu urusan sama Tuhan. jadi saya rasa, itu terserah setiap individunya.
kalau pun itu dosa, siapa yg tau? cuma Allah yg tau. itu urusan individu dg Tuhan nya. jadi ngapain sih ikut campur? kan kepercayaan orang beda-beda. agomo ku yo agomo ku. agomo mu yo agomo mu. masa bodoh sama orang lain. masalah kepercayaan itu gabisa diganggu gugat. itu tergantung seberapa kuat keimanan individu dg Tuhan nya. gak semuanya yg menjadi kepercayaan kita itu benar. kalau pun memang benar, kita juga ga ada hak untuk ngatur atau menjudge orang lain. kita cuma manusia. gak sempurna.
manusia hendaknya saling menghormati dengan siapapun, hanya Allah SWT yg berhak menilai umatNya, bukan kita. lebih baik introspeksi diri masing-masing. apakah kita sudah pantas menilai sesama manusia yang diciptakan oleh Allah SWT.

kalau ada statement-statement yg mana menurut pendapat agama islam berkata demikian, adapun menurut agama lain itu berbeda dan itulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita :)

No comments: